Minggu, 23 Desember 2012

#3. Usaha Manusia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa yang Terdapat di Indonesia.


            Seperti yang kita ketahui bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Dilihat dari sejarahnya bahasa Indonesia mengalami perubahan. Negara Indonesia sendiri terdiri dari beberapa pulau yang setiap pulau dan daerahnya memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri memiliki kurang lebih 784 bahasa yang digunakan sebagai bahasa ibu. Namun sangat disayangkan jika masyarakat Indonesia tidak bangga dan tidak menguasai bahasa ibunya.

Contoh kasus : dijakarta begitu banyak beraneka ragam suku bangsa, yang sangat disayangkan ketika siswa atau mahasiswa tidak dapat mengerti atau menuasai bahasa ibu.
Contohnya seorang mahasiswa yang telah lama tinggal di Jakarta ditanya “ kamu asli mana?” , “saya asli padang Bu, kedua orang tua saya orang padang,” jawab mahasiswa tersebut,
Ibu itu kembali bertanya. “kamu bisa bahasa Padang?”
Mahasiswa pun menjawab,”saya tidak bisa berbicara menggunakan bahasa padang, namun kalau orang tua saya berbicara menngunakan bahasa padang saya mengerti, hhehe”

Itu salah satu contoh yang sangat disayangkan ketika seorang tidak dapat mengerti atau menggunakan bahasa ibu.

Tanggapan : Jika seseorang tidak dapat mengerti atau tidak bisa menggunakan bahasa ibu sesungguhnya itu hal yang harusnya menjadi cerminan kepada diri kita, kenapa kita tidak bisa menggunakan atau melestarikan bahasa ibu, apalagi jika menjawab pertanyaan diatas dengan jawaban tidak tahu dan dengan percaya dirinya menjawab tidak tahu. Seharusnya kita malu karna tidak bisa melestarikan bahasa ibu.
Cara untuk melestarikannya yaitu dengan cara kita belajar untuk lebih mengerti bahasa ibu tersebut, contohnya, jika kita orang jawa tetapi tidak bisa menggunakan bahasa jawa, setidaknya kita sedikit demi sedikit mengerti ketika kedua orang tua kita mengobrol dengan bahasa jawa, dengan mendengarkan dan mempraktekan dirumah kita dapat lebih cepat mengerti. Jadikan bahasa ibu sebagai bahasa keseharian dirumah. Tumbuhkan rasa ingin tahu dan bangga terhadap bahasa ibu sebagai rasa kecintaan terhadap suku atau budaya kita sendiri.
Kalau bukan kita generasi muda yang melestarikan berbagai bahasa di Indonesia siapa lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar