Minggu, 23 Desember 2012

#4. Hubungan Manusia dengan Pandangan Hidup Pandangan Hidup atau Filsafah Budaya Indonesia


Manusia adalah bagian dari pandangan hidup. Pandangan hidup sendiri adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadika pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup didunia.
            Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup itu bersifat kodrati. Pandangan hidup dapat diklasifikasikan menjadi tiga macam, antara lain:
-         pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya
-         pandangan hidup yang berupa ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara Indonesia
-         pandangan hidup hasil renungan yaitu  pandangan hidup yang relatif kebenarannya.

      Segala sesuatu berhulu pada pandangan hidup, yaitu bagaimana seorang individu memandang kehidupan yang dijalani. Dalam menjalani kehidupan, seorang manusia pasti memiliki prinsip hidup dan prioritas hidup. Prioritas utama seseorang didalam menjalani kehidupannya dengan jelas mengekspresikan tujuan hidupnya, tujuan yang seseorang tetapkan berdasarkan pandangan hidupnya. Jadi semakin jelas bagi kita keterkaitan antara pandangan hidup, prinsip hidup dan tujuan hidup. Disadari atau tidak, setiap orang akan selalu mengarah kepada kepada tujuan hidupnya.terlepas dari ras, kebangsaan, etnis,agama,dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar